Friday, June 6, 2014

HIGHWAY (Bolly) (2014) Movie Review

Bollywood...
Gue anti ama jenis film beginian... Ceritanya pasti ttg cinta - cintaan yg pada akhirnya akan menjurus pada adegan joget - jogetan pake musik ala India. Namun kenyataannya ane malah berakhir dgn menulis review dr film "Highway" sambil ditemani lagu Patakha Guddi-nya Sultan Nooran & Jyoti Nooran gubahan A.R. Rahman.

(Peringatan: Semakin sedikit anda mengetahui plot cerita film ini, semakin baik bagi anda, karena story dan character development-nya emang dibangun setahap demi setahap dari awal film. Semakin anda tidak mengetahui ceritanya, akan semakin enjoy anda menontonnya. Ane bakalan berusaha menulis review ini sebisa mungkin spy tidak terlalu banyak membeberkan isi cerita)

Veera Tripathi (Aila Bhatt) adlh putri dari M.K. Tripathi, seorg konglomerat kelas dunia yg memiliki peran penting di perpolitikan India. Bbrp hari lagi ia akan mengadakan pernikahan namun krn suatu situasi, Veera malah berakhir menjadi sandera dari kelompok bandit yg dikepalai oleh Mahabir (Randeep Hooda). Mengetahui bahwa sandera-nya ternyata putri dari salah satu org paling berkuasa di pemerintahan, Mahabir memulai pelarian dirinya sambil memboyong Veera dan bbrp anggota rombongan bandit-nya guna mendapatkan tebusan uang.
Perjalanan melintasi Hindustan dan pegunungan Nepal yg awalnya membuat Veera dan Mahabir frustasi kemudian malah menjadi awal munculnya kejadian2 absurd yang merubah cara pandang kehidupan mereka. Mampukah Mahabir melarikan diri dan mendapatkan uang tebusannya?. Atau berhasilkah Veera melarikan diri dari bandit2 yg diketuai oleh pimpinan yg bengis ini?. Atau...????.

Bagi gue, film India yg bagus akhir2 ini cuman Slumdog Millionaire ama Rabne Bana Di Jodi (mungkin 3 Idiots juga? ane blm sempet nntn sih...). Jadi ane gak berekspektasi macam2 ama film yg dibidani Imtiaz Ali ini, selain itu dua buah film karya-nya sebelumnya (Love Aaj Kal dan Rockstar) juga kurang "nendang". Tapi ternyata film ini malah bikin ane gak bisa move on setelah menontonnya, dan secara ajaib menjadi salah satu film favorit ane.

Oke... mari kita bedah film ini.

Secara umum tema film ini bknlah sesuatu yg baru, karena bbrp film seperti A Perfect World (1993), The Chase (1994), Excess Baggage (1997) dan Big Hit (1998) sdh lebih dulu menghadirkan film macam ini. Dari alur cerita pun kalo kita sdh mengetahui tema keseluruhan film ini, maka sebenarnya film ini alurnya gampang ditebak. Bahkan kita sdh bisa memprediksi bakalan kayak gimana ending cerita ini sejak pertengahan cerita. Tapi bukannya menjadi kelemahan, kita malah tak perlu berpikir berat2 utk menikmati film ini. Meskipun ada sebagian org yang terkecoh kalo film ini memiliki tema cinta alam dan lingkungan hidup karena lokasi shooting yg benar2 indah dan sang sutradara memang mengeksplor keindahan alam dari lokasi secara efektif.

Jadi apa sebenarnya kekuatan dari film ini yg bikin ane kagak bisa move on ampe nntn anime aja jadi males?.
Shame to say... tapi sang aktris, Aila Bhatt lah yg bikin ane kagak bosen nntn film ini meskipun di-ulang ulang berpuluh - puluh kali. Aktris berusia 20 thn ini mampu memerankan karakter Veera secara mendalam dan apik sehingga menuai pujian dan semakin membuat namanya bersinar di belantika Bollywood. Aktingnya di Highway yg nyaris tanpa make-up ini semakin membuat karakter yg diperankannya semakin menggemaskan. Debut sbg pemeran utama di film "Student of The Year" pd 2012 lalu, Highway merupakan sebuah pengalaman berbeda bagi Aila, terutama bagaimana ia memainkan berbagai perubahan ekspresi dan emosi di tiap2 scene film ini. Sementara sebagian org skeptis kalau Aila hanya akan bermain di film2 komersil yg temanya pasaran, dia mampu menjawabnya dgn perannya yg berbeda dari peran yg pernah ia bawakan sebelumnya. Dan tantangan beradu akting dgn aktor yg jauh lebih tua darinya, yaitu Randeep Hooda berhasil dilalui dgn mudah oleh putri dari produser dan sutradara merangkap penulis naskah Mahesh Bhatt ini (ibunya, Soni Razdan jg seorg aktris dan sutradara loh).

Dengan ikut sertanya sang komposer kaliber Oscar, A.R. Rahman (yg memenangkan 2 piala oscar lewat Slumdog Millionaire) tentunya tak ada keraguan lagi mengenai musikalitas dari film ini. Tapi sebenarnya film ini pelit dlm memasang background music di tiap2 adegannya, krn Imtiaz Ali lebih memilih utk menonjolkan dialog dan emosi dari aktor/aktrisnya sebagai penyokong cerita daripada memasang scoring di filmnya ini, maka otomatis lagu2 gubahan A.R. Rahman sajalah yg berseliwaran sepanjang film. Bahkan sang aktris, Aila Bhatt jg debut sbg penyanyi dlm lagu Sooha Saaha yg juga digubah A.R. Rahman utk film ini.

Ide cerita dari film ini sebenarnya telah ada dibenak sang sineas sejak 15 tahun yg lalu, dgn banyak tambal sulam, akhirnya kerja keras Imtiaz Ali utk menyajikan film yg berbeda dr film Bollywood yg lain membuahkan hasil. Meskipun raupan penghasilan film ini sempat terseok-seok di awal rilis filmnya, namun akhirnya "Highway" berhasil meraih posisi sbg salah satu film hit di Boolywood. Metascore film ini pun mengecewakan, karena hanya membukukan skor 40%, namun skor IMDb-nya sendiri cukup memuaskan dgn skor 78 dari total skor 100. Dan bagi gue sendiri, dgn akting mumpuni dr Aila sang bintang Bollywood masa depan, serta arahan yg apik dr sang sutradara, Imtiaz Ali, serta musik yg indah dr A.R. Rahman, film ini mampu menjawab rasa dahaga ane akan film Drama Romance yg tak hanya manis dan indah, namun juga menginspirasi. Ane ngasih skor 90 dari total 100 poin utk film yg brilian ini. Well done execution....

Reviewed by: mbahbudi, Banjarmasin, 04 Juni 2014.

Posted via Blogaway


Posted via Blogaway

2 comments:

  1. senang bc sinopsisnya..film ini memang keren

    ReplyDelete
  2. good 😉👍👍👍👍👍😆😆

    ReplyDelete